Friday, March 16, 2012

Rencana Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X/1


PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    : SMA/MA.

Kelas/Semester          : X /1


Nama Guru               :
NIP /NIK                   :
Sekolah                       :







KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·         Pokok-pokok isi berita
·         penangapan isi berita

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
3
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·         Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi




G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) 

·        Mencari Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·        Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
·        Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·     Siswa Menuliskan isi berita


H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F Membentuk kelompok diskusi
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
F Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
F Mendiskusikan isi berita
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·   Radio/ tape
·   Televisi
·   CD salinan berita atau kaset rekaman

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :  
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
1.2    Mengidentifikasi unsur  sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam­an

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
 Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
·         unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
·         unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.).
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
3
Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.).
4
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·         Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·         Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi


G.          Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·         Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
·        Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
·        Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.
·     Siswa dapatMenyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
·     Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*
F Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
F Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F ceritakan yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam­an
F Diskusi dan tanya jawab
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset
LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.






K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :  
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara ; 2.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita.
B.           KOMPETENSI DASAR :
2.1    Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat.
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi
·         penggunaan sapaan
·         penggunaan diksi
·         penggunaan struktur kalimat
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat
3
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
4
Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara resmi atau tidak resmi) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
·         Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat dan sesuai dengan kondisi.
·         Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
·         Memerbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengucapkan kalimat perkenalan dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton

·        misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara resmi atau tidak resmi
·     Siswa dapat Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat.
H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mengamati moderator atau pembawa acara dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berperan sebagai moderator atau pembawa acara  untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi.
F Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan yang dilakukan oleh teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
-      Penugasan
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku teks yang terkait
·         Buku pendamping : (1) LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
·         Buku pendamping: (2) Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
·         Media cetak/ elektronik/CD
·         Tuturan langsung
K.          PENILAIAN :                         
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat
Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                   


           :                                                                                 
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

B.           KOMPETENSI DASAR :
      2.2    Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Teks berita, artikel, buku  yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
    1. penentuan masalah dalam berita
    2. daftar kata sulit dan maknanya

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mencatat masalah dari berbagai sumber
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
3
Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4
Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
5
membahas maknanya

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat :
1)      Mencatat masalah dari berbagai sumber
2)      Menanggapi masalah dal`m berita, artikel, dan buku
3)      Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4)      Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
5)      membahas maknanya
F.           METODE PEMBELAJARAN :
·         Penugasan
·         Diskusi
·         Tanya Jawab
·         Ceramah
·         Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengamati Teks berita, artikel, buku  yang berisi informasi aktual.
·         Menuliskan kata sulit dalam teks bacaan

·     Mencari dan mengumpulkan data (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
·     Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
·     Siswa dapat Mencatat masalah dari berbagai sumber.
·     Siswa dapat membahas maknanya.
H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
-  Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Secara bergiliran siswa mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan  lingkungan daerah masing-masing  (misalnya, Folio, SARS, atau bencana alam yang terkait dengan daerah setempat)*
F Membaca berita,  artikel atau buku.
F Mengidentifikasi masalah dalam artikel
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mendiskusikan masalah
F Melaporkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4  x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku cerita lucu/ kaset cerita
·         Pengalaman langsung
·         Bukupendamping :Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat
Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                           &nbrp;      Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                               

                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

B.           KOMPETENSI DASAR :
2.3    Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)
·         penggunaan diksi (pilihan kata)
·         penggunaan intonasi, jeda, dan ekspresi

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi berbagai pengalaman (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dan sebahainya) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
·         Menanggapi atau membahas pengalaman pribadi yang disampaikan oleh teman dengan bahasa yang santun dan efektif.
·         Menuliskan pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat efektif.

F.           METODE PEMBELAJARAN :
·         Penugasan
·         Diskusi
·         Tanya Jawab
·         Ceramah
·         Demonstrasi

G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menceritakan berbagai pengalaman
·     Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)
·     Siswa dapat Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi berbagai pengalaman (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dan sebahainya) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
-  Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi berbagai pengalaman (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dan sebahainya) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
F Menanggapi atau membahas pengalaman pribadi yang disampaikan oleh teman dengan bahasa yang santun dan efektif
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menuliskan pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat efektif.
F Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan)  dengan menggunakan:
F pilihan kata dan ekspresi secara tepat.
F Menggunakan kosakata sesuai dengan situasi dan konteks.
F Membahas pengalaman yang diceritakan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4        x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku cerita lucu/ kaset cerita
·         Pengalaman langsung
·         Bukupendamping : Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.




K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : 3.      Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca

B.           KOMPETENSI DASAR :
3.1    Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Membaca cepat :
·         teks nonsastra
·         teknik  membaca cepat 
·         rumus membaca cepat
·         fungsi membaca cepat

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
3
Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.
·         Menemukan ide pokok dan ide penjelas paragraf dalam teks.
·         Menentukan jenis paragraf dan wacana.
·         Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut.

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah


G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra
·     Membaca cepat (250 kata/menit)
·     Siswa dapat menguasaiteknikMembaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal            :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
-  Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menemukan ide pokok paragraf dalam teks.
F Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir            :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
-      Penugasan.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Media massa/ koran/ majalah/ internet
·         Buku yang berkaitan dengan budaya setempat
·         Buku pendamping
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat

Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : 3.      Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca

B.           KOMPETENSI DASAR :
3.2    Mengidentifikasi ide pokok teks  nonsastra dari berbagai  sumber melalui  teknik  membaca ekstensif  

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Teks nonsastra dari berbagai sumber:
·         ide pokok tiap paragraf
·         ide pokok dari berbagai sumber
·         fakta dan opini
·         ringkasan isi

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat
3
Mengidentifikasi  fakta dan pendapat 

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi ide pokok dan ide penjelas tiap paragraf.
·         Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat buatan sendiri.
·         Mengidentifikasi  serta membedakan fakta dan pendapat. 

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra
·     Membaca cepat (250 kata/menit)
·     Siswa dapat Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
-  Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca teks berita/ artikel tentang kesenian daerah.
F Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas.
F Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
-      Penugasan.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4        x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
§  Media massa/ koran/ majalah/ internet

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan

Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
4. Menulis : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
B.           KOMPETENSI DASAR :
4.1    Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Paragraf naratif:
·         contoh paragraf naratif
·         pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)
·         ciri/ karakteristik paragraf naratif
·         kerangka paragraf naratif
·         penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
3
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
4
Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
5
Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
·         Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa.
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif.
·         Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EXD
·         Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif.
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menulis paragraf naratif
·     contoh paragraf naratif
·     SiswaMenyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa.
H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
-  Guru mencontohkan paragraf dan ciri-ciri paragraf naratif.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca paragraf naratif. 
F Mengidentifikasi struktur paragraf  naratif
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
F Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman
F Mendiskusikan paragraf naratif.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
-      Penugasan.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku teks yang terkait dengan naratif: Deskripsi dan Narasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah. 
·         Buku Ejaan Yang Disempurnakan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka.
·         Rangkuman Bahasa dan Sastra Indonesia, Wisnu Sujianto dan Dwi haryanti, Sukoharjo: Yay. Ranafaza.
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat
Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                   


                                                                                                  
                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :  
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
B.           KOMPETENSI DASAR :
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Paragraf deskriptif:
·         contoh paragraf deskriptif
·         pola pengembangan paragraf deskripsi
·         ciri/ karakteristik
·         paragraf deskriptif
·         Kerangka paragraf deskriptif
·         contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
3
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
4
Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
5
Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
·         Menyusun kerangka paragraf deskriptif
·         Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
·         Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·         Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif
·     contoh paragraf deskriptif
·     SiswaMengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif.
H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca paragraf deskripsi
F Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menulis paragraf deskriptif
F Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
F Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
F Mendiskusikan paragraf deskriptif
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini..
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Deskripsi dan Narasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah. 
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat

Mengetahui,                                                                        Mengetahui,            2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
B.           KOMPETENSI DASAR :
4.3    Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Paragraf Eksposisi:
·         contoh paragraf ekspositif
·         pola pengembangan paragraf ekspositif
·         contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·         penggunaan kata penghubung dalam paragraf
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
3
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
4
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
5
Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif
·         Menyusun kerangka paragraf ekspositif
·         Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
·         Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·         Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif
·     contoh paragraf ekspositif
·     SiswaMengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat.
H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
-  Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca paragraf ekspositif
F Mengidentifikasi  karekteristik paragraf ekspositif
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menulis paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
F Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
F Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman
F Mendiskusikan paragraf eksposistif
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
-      Refleksi
-      Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
-      Penugasan
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Gorys Keraf, Eksposisi, Nusa Indah: Ende-Folres. 2000
Wisnu Sujianto, Rangkuman Bahasa dan Sastra Indonesia, Yay. Ranafaza, Sukoharjo, 2004
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat
Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                               

                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 5.         Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
5.1    Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman  puisi atau pembacaan langsung :
·          majas,
·          irama
·          kata-kata konotasi
·          Kata-kata bermakna  
·          lambang

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
3
Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi majas/gaya bahasa yang dipergunakan oleh penyair.
·         Mengidentifikasi rima atau persajakan akhir.
·         Mengidentifikasi kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang.
·         Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
·         Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang


F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
·     contoh Rekaman  puisi atau pembacaan langsung
·     SiswaMengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang).

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendengarkan pembacaan puisi “Blues untuk Bonnie” karya Rendra.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut.
F Melaporkan hasil diskusi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
F Penugasan
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Rekaman pembacaan puisi Ballada Orang-orang Tercinta, Rendra.
·         Tuturan/Pembacaan langsung

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : 5.         Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

B.           KOMPETENSI DASAR :
5.2    Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman 

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan :
·         jenis puisi
·         isi puisi
·         tema
·         maksud puisi

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menyebutkan  tema puisi yang didengar
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, dan satire)
3
Menjelaskan maksud puisi
4
Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menyebutkan tema puisi yang didengar.
·         Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, dan satire).
·         Menjelaskan maksud puisi.
·         Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri.

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

L.           StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
·     contoh Rekaman  puisi atau pembacaan langsung
·     SiswaMengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang).

G.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F Guru mendeskripsikan jenis-jenis puisi.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendengarkan puisi
F Mengidentifikasi jenis puisi
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mendiskusikan isi puisi
F Melaporkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

H.          ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
I.             SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         rekaman puisi/ tape
·         puisi yang dibacakan

J.            PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat

Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi 
B.           KOMPETENSI DASAR :
6.1    Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi 
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Naskah cerita pendek :
·         isi cerpen
·         hal yang menarik
·         unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
·         penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
3
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
4
Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca, baik oleh dirinya sendiri maupun temannya dengan kalimat sendiri.
·         Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan yang terdapat dalam cerpen yang dibaca.
·         Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat) cerita pendek yang dibaca.
·         Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung yang terdapat di dalam cerpen
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek
·     contoh Naskah cerita pendek
·     SiswaMenceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri.
H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca cerita pendek
F Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
F Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca
F Melaporkan hasil diskusi
F Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku kumpulan cerpen: Tegak Lurus dengan Langit, Iwan Simatupang.
·         media massa/ internet: Cybersastra.com, Kompas online
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat

Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatandiskusi 

B.           KOMPETENSI DASAR :
6.2 Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan diskusi 

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Naskah cerita pendek
·         nilai budaya
·         nilai moral
·         nilai agama
·         nilai politik

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
3
Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
·         Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
·         Mendiskusikan nilai-nilai sosial dan budaya yang terdapat dalam cerpen

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi


G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek
·     contoh nilai Naskah cerita pendek
·     SiswaMendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca cerita pendek
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
F Melaporkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku kumpulan cerpen : Malam Terakhir, Leila S. Chudori, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Sekolah Dasar dan Menengah
·         media massa/ internet: cybersastra.com.
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                      :                            Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : 7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
B.           KOMPETENSI DASAR :
7.1 Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Puisi : 
·         lafal
·         tekanan
·         intonasi
·         jeda
·         pemenggalan kata, frasa
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Membaca  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.
3
Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat.
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, ekspresi dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
·         Membaca puisi dengan menempatkan jeda yang tepat.
·         Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.
·         Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat.
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
·     contoh Puisi : 
·         lafal
·         tekanan
·         intonasi
·         jeda
·         pemenggalan kata, frasa
·     Siswa Membaca  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi..

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membacakan  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
F Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
F Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam puisi dan  cerpen
F Melaporkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku kumpulan puisi : Ballada Orang-orang Tercinta, Potret Puisi dalam Pembangunan, Rendra.
·         internet : cybersastra.com
§  media massa: Solopos, Republika.
§  Puisi buatan siswa

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : 7.        Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen

B.           KOMPETENSI DASAR :
7.2    Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Naskah cerpen : unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·         Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah


G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen
·     Naskah cerpen : unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)
·     SiswaMengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca cerpen
F Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
F Mendiskusikan wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
F Melaporkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
F Penugasan
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku kumpulan cerpen : Sri Sumarah dan Bawuk
·         media massa : Jawa Pos, Solopos, Republika, Kompas
·         internet: rumahku.org.id

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat


Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : 8.     Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi     

B.           KOMPETENSI DASAR :
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh puisi lama (pantun, syair)
·         bait
·         irama
·         rima
·         perbedaan pantun dengan syair

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Membedakan bentuk pantun dan syair
3
Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
4
Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·         Menentukan ciri-ciri pantun dan syair
·         Membedakan bentuk pantun dan syair
·         Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·         Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·     Contoh puisi lama (pantun, syair)
·     SiswaMenulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca puisi lama (pantun, syair)
F Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
F Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku kumpulan puisi lama : Syair Bibasari, Syair Si Pelanduk Jenaka
·         Internet/ media massa : berbalas pantun.com

K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat
Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                         :
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
SEMESTER                       : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : 8.     Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi     

B.           KOMPETENSI DASAR :
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh puisi baru :
·         ciri-ciri puisi baru
·         bait
·         rima
·         irama

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi 
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
2
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
3
Menyunting puisi baru yang dibuat teman

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
·         Menulis puisi baru dengan memerhatikan bait, irama, dan rima
·         Menyunting puisi baru yang dibuat teman

F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·     Contoh puisi baru :
  • ciri-ciri puisi baru
  • bait
  • rima
  • irama
·     SiswaMenulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti      :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Membaca puisi baru
F Mengidentifikasi puisi baru  berdasarkan bait, irama, dan rima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
F Menyunting puisi baru  yang dibuat teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir   :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Bersahabat/ komunikatif

I.             ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku kumpulan puisi
·         internet/media massa
K.          PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan
Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                       


                                                                                            
NIP.                                                                                     NIP.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment