Membaca Sekilas
Membaca
sekilas adalah suatu tipe membaca dangan cara meliputi atau menjelajah bahan
bacaan secara cepat agar dapat memetik ide-ide utama. (Tarigan, 1994 :
30). Membaca dengan tipe ini biasanya digunakan pembaca yang
bertujuan untuk memperoleh gambaran atau kesan umum suatu bacaan. Membaca
sekilas caranya adalah dengan memetik ide-ide, frase penting dan kalimat
–kalimat inti pada bacaan.
Berbagai
alasan pembaca menggunakan tipe ini menurut Tarigan yaitu :
1. Menemukan sepenggal informasi khusus dalam suatu
alenea, paragraf, kutipan atau acuan.
2. Memetik secara cepat ide pokok dan
utir-butir yang amat penting dari bacaan tertentu.
3. Memeriksa apakah bahan itu dapat diloncati atau
dilampaui saja, atau memang harus dipetik karena sangat penting.
4. Memanfaatkan waktu setepat mungkin ,
karena pembaca sangat sibuk dan kekurangan waktu. Dengan kata lain karena
paksaan waktu.
Judul dan
sub judul sangat berperan dalam kegiatan membaca sekilas. Karena
pembaca ini sering menggunakan daftar isi untuk mencari bahan yang
diperlukannya. Setelah mendapatkan kata kunci dijudul dan subjudul
pembaca hanya membaca dengan menaruh perhatian pada bagian-bagian dan
butir-butir yang diperlukan saja. Sehingga diperolehlah kesan umum bacaan
tersebut. Sedangkan yang lainnya diabaikan begitu saja.
Dalam
pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar keterampilan membaca sekilas dapat
diasah dengan kegiatan anak mencari pokok pikiran (pikiran pokok) suatu
paragraph dengan dilanjutkan merangkumnya menjadi kesan umum suatu bacaan. Atau
dalam apresiasi sastra, anak dibimbing membaca sekilas dan mencatat urutan
peristiwa dalam cerita sehingga anak dapat menceritakan kembali cerita secara
ringkas.
Tugas guru
adalah mendorong murid untuk dapat mempraktekan membaca sekilas dengan tepat
dan efektif. Caranya adalah dengan penyajian yang jelas. Contohnya
a. Bacalah
sekilas cerita ini, kemudian ceritakan kembali dengan kata-kata rendiri.
b. Bacalah
sekilas cerita ini, lalu ceritakan kembali ke temanmu secara urut.
No comments:
Post a Comment